Hal Yang Perlu Diperhatikan Dikala Menentukan Memory Card

Salah satu aksesoris penting dalam smartphone yaitu Memory Card. Tak hanya kapasitasnya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan memory card. Karena seiring dengan spesifikasi dan kemampuan smartphone ataupun gadget lainnya yang semakin meningkat, maka kebutuhan terhadap media penyimpanan ibarat memory card pun secara otomatis akan meningkat. Hal ini juga berlaku terutama bagi mereka yang memakai smartphone dengan kapasitas internal memory yang kecil.

Mungkin dari fungsi sederhananya yaitu hanya sebagai media penyimpanan. Namun ternyata memory card juga sanggup mempengaruhi kecepatan kinerja smartphone yang kau punya. Jika menentukan memory card yang kurang cocok dengan smartphone, maka bisa saja menurunkan kinerja dan menciptakan smartphone kau menjadi lemot.

Untuk itu, berikut ini yaitu beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan memory card. Apa saja kira-kira? Mari simak ulasannya.

1. Ukuran fisik

Hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan memory card yang pertama yaitu ukuran fisik dari memory card itu sendiri. Pada dasarnya memory card untuk smartphone ada dua jenis, yaitu mini SD yang berukuran 21,5×20 mm dan micro SD yang berukuran 11×20 mm. 

Sebelum kau memutuskan untuk membeli, ada baiknya kau memastikan terlebih dahulu memory card jenis mana yang dipakai oleh smartphone kamu. Jangan memory card tersebut tidak sesuai dengan space yang tersedia di smartphone kamu. Sebaiknya belilah memory card yang dijual sepaket dengan adaptor SD card biar memudahkan kau ketika ingin men-transfer data ke perangkat lain ibarat laptop.


2. Kapasitas penyimpanan data

Kapasitas penyimpanan data adalah hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan memory card yang kedua. Jika dilihat dari spesifikasi dan kapasitas penyimpanan datanya, memory card untuk smartphone dibagi menjadi 3 jenis, yakni SD card (Secure Digital), SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity ). 

Penjelasannya yaitu SD card merupakan jenis memory yang paling sering dipakai oleh para pengguna smartphone dan gadget lainnya. Didukung dengan format file FAT16, memory ini mempunyai kapasitas penyimpanan data dari 32 MB sampai 2 GB.

Sedangkan untuk SDHC merupakan pengembangan dari SD card, dimana desainnya tetap sama, hanya saja kapasitas dan kecepatan kinerjanya yang berbeda. Menggunakan format file FAT32, SDHC mempunyai kapasitas penyimpanan mulai dari 2 GB sampai 32 GB. 

Dan yang ketiga yaitu SDXC yang merupakan jenis memory card terbaru yang mempunyai kecepatan transfer dan kapasitas penyimpanan paling besar ini memakai format file ExFAT. Memory card ini sangat cocok untuk kau yang gemar menyimpan banyak lagu, gambar dan menyimpan banyak aplikasi. Karena kapasitas penyimpanan datanya sendiri bisa mencapai 32 GB sampai 2 TB. Namun yang perlu diingat yaitu tidak semua smartphone mendukung penggunaan SDXC ini.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan memory card adalah jangan asal menentukan memory card dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Karena kau juga harus menyeimbangkan antara kebutuhan dan spesifikasi smartphone kamu. Karena bila spesifikasi smartphonenya rendah, penggunaan memory card dengan kapasitas besar justru akan menciptakan kecepatan kinerja smartphone kau jadi menurun. Bahkan menciptakan smartphone menjadi lemot.

3. Kecepatan transfer data

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan memory card adalah kecepatan transfer data. Saat menentukan memory card, kau juga harus memperhatikan label class yang menjadi penanda kecepatan baca dan tulisnya. Setiap jenis memory card pun mempunyai kelas dan kecepatan yang berbeda-beda. 

Tingkat kecepatan memory card biasanya dikelompokkan dengan angka-angka, yang terdiri dari lima kelas yaitu Class 2, Class 4, Class 6, Class 8 dan Class 10. Class 2 mempunyai kecepatan tulis minimum 2 MB/s atau kecepatan 13 kali, Class 4 mempunyai kecepatan tulis minimum 4 MB/s dan kecepatan 26 kali, Class 6 mempunyai kecepatan tulis minimum 6 MB/s atau kecepatan 30 kali, Class 8 mempunyai kecepatan tulis minimum 8 MB/s atau kecepatan 40 kali, dan Class 10 mempunyai kecepatan tulis minimum 10 MB/s atau kecepatan 66 kali.

4. Pilih brand berkualitas

Hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan memory card yang terakhir yaitu sebisa mungkin pilihlah brand memory card yang berkualitas. Dimana-mana, merek dan harga memang sanggup menjamin kualitas. Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah brand-brand yang memang sudah populer di dunia memory card ibarat SanDisk, Transcend, V-Gen dan sebagainya. 

Selain itu, brand yang berkualitas biasanya juga menyediakan garansi bagi memory card yang kau beli. Namun yang perlu diingat yaitu kau harus jeli dalam menentukan sebab ketika ini banyak memory card palsu yang beredar dan dilabeli dengan merek yang sudah terkenal. Salah satu tipsnya yaitu jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Jika perbedaan harga sangat signifikasn, maka hati-hati dengan memory tersebut. Selain itu, pastikan juga kondisi memory card yang kau beli, apakah masih bersegel dan kemasannya masih utuh atau tidak ketika pertama kali membelinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel