Berbagai Macam Sinyal Handphone Dan Kecepatannya

Jika anda ingin menggunakan jaringan internet di ponsel anda, tidak ada salahnya kalau anda mengenal lebih dulu berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya. Karena tidak sedikit pula yang tidak mengetahui apakah arti dari simbol sinyal jaringan di pojok layar handphone menyerupai G, E, H, 3G, dan lain sebagainya.

Untuk itu, anda perlu memahami benar apa yang dimaksud dengan beberapa simbol tersebut. Karena masing-masing simbol mempunyai kecepatan dan kekuatannya masing masing. Sebelumnya, lebih baik kita kenali dulu besaran data jaringan. Perbedaan antara Mbps dan MBps yaitu antara b (bits) dan B (byte). Walau ada awalan M untuk Mega, namun kedua indikator sinyal sangatlah berbeda daya transfer datanya. Sedang ps yaitu kependekan per-second untuk kecepatan transfer. Sederhananya menyerupai ini : 8 bits = 1 byte 1000 bytes = 8 kilobits (kb) = 1 Kilobytes (KB) 1000 Kilobytes (KB) = 8 megabits (Mb) = 1 Megabyte (MB).

Nah berikut ini adalah berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya.

1. Sinyal G atau GPRS

Sinyal G atau GPRS yaitu jaringan sistem data paket internet yang merupakan salah satu dari berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya. GPRS sendiri merupakan kependekan General Packet Radio Service.

Jaringan ini mempunyai kecepatan data mencapai 35 - 171 Kilobits per-second (Kbps). Jika Anda menemui sinyal G di HP. Maka anda harus membutuhkan waktu yang usang untuk sanggup mengakses internet, bahkan terkadang anda hanya akan mendapati website dengan simbol error alasannya yaitu sinyal yang tidak stabil

2. Sinyal E atau EDGE

Generasi di atas GPRS yaitu E atau EDGE (Enhanced Data rate for GSM Evolution). Walau disebut 'Evolution' namun sinyal E tidak begitu cepat data transfernya. Salah satu dari berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya ini memiliki kecepatan data transfer antara 120 Kbps hingga dengan 384 Kbps. Meski masih tergolong lambat, namun setidaknya sinyal ini lebih baik dari sinyal GPRS.

3. Sinyal 3G Sinyal 3G

Berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya yang selanjutnya yaitu Sinyal 3G. Mungkin beberapa tahun yang kemudian dan hingga sekarang sinyal ini sedang menjadi andalan di Indonesia. Sinyal 3G bahu-membahu turunan dari 2G atau GPRS.

3G sendiri yaitu 3GPRS atau GPRS versi 3. Yang membedakan yaitu protokol transfer data yang menggunakan UMTS (United Mobile Telecommunication Technology). Kecepatan datanya dimulai dari 384 Kbps hingga 2 Mbps. Untuk mengakses internet, jaringan ini sudah cukup baik. Namun sinyal yang diterima harus stabil biar internet sanggup lancar dan tidak terputus.

4. Sinyal H atau HPSA/HSDPA


Generasi jaringan berikutnya yaitu HSPA (High Speed Packet Access) atau kadang dikenal dengan 3,5G. Berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya yang satu ini sedikit lebih cepat dari sinyal 3G, transfer datanya antara 600 Kbps hingga 10 Mbps.

Walau bahu-membahu hanya rata-rata 1-3 Mbps. Sedang sinyal HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau kadang H+ mempunyai kecepatan mencapai 7,2 Mbps. Tentu saja jaringan ini tergolong sinyal yang sangat baik. Namun yang disayangkan yaitu untuk beberapa tempat masih sulit mendapat sinyal dengan kekuatan yang demikian.

5. Sinyal 4G atau LTE

Salah satu dari berbagai macam sinyal handphone dan kecepatannya adalah sinyal 4G atau LTE. Sinyal 4G atau generasi ke 4 dari GPRS juga disebut LTE (Long Term Evolution) bisa menangkap kecepatan hingga 100 Mbps. Di Indonesia sendiri, provider telekomunikasi yang membesut sinyal 4G yaitu pemegang merek Bolt.Meski sudah banyak smartphone yang mendukung jaringan sinyal ini, namun lagi-lagi banyak sekali tempat masih ada yang belum mendapat sinyal 4G.

6. Sinyal 5G

Jaringan sinyal yang sedang digarap Samsung, 5G atau mmWave Techonology mungkin tiba beberapa tahun ke depan atau dengan kata lain, proses pengerjaan dan penyempurnaannya belum rampung benar. Kabarnya, sinyal ini bisa membesut kecepatan data transfer mencapai 1 Gbps, alias Gigabyte per-second. Tentu saja sinyal 5G akan bisa memuaskan anda dalam menjelajahi dunia internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel