Cara Mengatasi Layar Android Yang Bergerak Sendiri

Cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah hal yang paling banyak dicari kalau ponsel anda mendapati layar ponsel anda beroperasi sendiri tanpa disentuh. Hal ini tentu mengganggu setiap pengguna ponsel yang mengalaminya. Karena selain menciptakan pengguna ponsel tersebut tidak nyaman, tentu saja akan mengganggu kinerja ponsel itu sendiri.

Hal semacam ini sering juga disebut sebagai ghost touch. Perlu diingat bahwa ghost touch ini tidak hanya terjadi pada smartphone android dari brand yang kurang terkenal, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada ponsel bermerk yang terkenal sekalipun.

Nah dibawah ini yaitu penyebab dan cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri.

1. Kerusakan pada Charger

Saat sedang mengecas ponsel dan layarnya bergerak sendiri, mungkin terjadi kerusakan pada charger yang anda pakai. Segera cek keadaan charger anda supaya tidak merusak ponsel kalau terus menerus digunakan. Setiap membeli charger yang baru, usahakan beli charger yang original lantaran memang sesuai dengan kebutuhan ponsel anda.

2. Kerusakan pada layar atau LCD

Cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri bisa juga dengan mengecek apakah ada kerusakan pada layar atau LCD ponsel anda. Karena sanggup saja layar ponsel anda terkena percikan air yang merembes ke dalam ponsel mengakibatkan layar bergerak dengan sendirinya. Jika sudah begini, sebaiknya ganti layar LCD anda supaya tidak menyerang ke perangkat yang lainnya.

3. Kondisi pelindung layar/Screen Guard/Screen Protektor yang kotor

Jika pelindug layar ponsel anda kotor dan mengakibatkan layar bergerak sendiri maka cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah dengan melepaskam pelindung layar kemudian bersihkan layar dari banyak sekali kotoran yang melekat dan ganti pelindung layar dengan pelindung yang baru.

4. Kerusakan pada baterai ataupun baterai kehabisan daya


Karena kebanyakan ghost touch terjadi di saat-saat baterai di android mau habis, jadi cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah dengan segera isi kembali baterai ponsel anda. Namun kalau ghost touch masih terjadi, periksalah keadaan baterai. Jika baterai mengelembung, segera ganti baterai ponsel supaya tak menambah kerusakan pada komponen lainnya.

5. Kondisi layar yang sedang panas

Layar touchscreen mempunyai batas toleransi panas supaya bekerja secara normal, biasanya di luar ponsel terasa agak panas, tetapi perangkat di dalam ponsel akan lebih panas. Hal ini juga yang terkadang mengakibatkan terjadinya ghost touch pada ponsel android anda. Cara mengatasinya yaitu dengan menghentikan pemakaian beberapa dikala supaya suhu kembali normal, atau cara lain yang bergotong-royong tidak terlalu dianjurkan yaitu dengan memasang spreader embel-embel dari tembaga di cuilan dalam casing hal tersebut untuk meredam panas.

6. Bugs pada Rom/software

Saat ponsel mengalami ghost touch lantaran disebabkan oleh bugs pada Rom atau software, maka cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah dengan Upgrade romnya ke yang terbaru dan lebih stabil dan pastinya yang sesuai dengan smartphone teman atau sanggup juga dengan mencoba dulu factory data reset.

7. Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan

Jika penyebab ghost touch pada ponsel anda lantaran Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan, maka cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri yang sempurna yaitu dengan mengurangi multitasking, maksudnya jangan membuka aplikasi secara berlebihan di smartphone. Karena hal tersebut sanggup menciptakan performa ponsel jadi tidak stabil dan mengakibatkan ghost touch.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel