Cara Mengatasi Munculnya Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Atau Force Close

Mencari cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close merupakan salah satu langkah yang anda lakukan kalau mengalami hal serupa. Hal ini tentu saja terasa masuk akal ketika anda mengalami suatu duduk kasus pada android kesayangan. Karena memang hp sekarang menjadi salah satu kebutuhan penting manusia.

Dan sebelum melihat cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close, sebaiknya anda lihat lebih dulu penyebabnya. Berikut ini yaitu beberapa penyebab terjadinya hal tersebut :
  • Aplikasi yang sahabat gunakan mungkin masih dalam beta atau uji coba.
  • Data dari aplikasi yang bersakutan belum lengkap dan masih dibutuhkan pembaharuan.
  • Aplikasi kurang begitu kampetibel atau gak cocok dengan android anda.
  • Cpu dan ram kurangi mumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut, kalau dapat itu aplikasi yang anda gunakan cukup ringan, mungkin sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di balik layar "backgraund" dan hal tersebut menimbulkan ram di android anda jadi penuh dan tidak dapat membuka aplikasi lain lagi.
  • Sistem kernel yang mengalami kesalahan dalam mengeksekusi atau menjalankan program.
  • Koneksi internet yang tiba-tiba terputus hal ini menimbulkan di beberapa aplikasi yang membutukan koneksi internet menyerupai game online, ataupun aplikasi chatting.
  • Konfigurasi yang salah sehingga menumpunya file-file sampah Dalvik data cache atau biasanya lebih di kenal dengan nama Temporaly file.
  • Masalah hardware yang kurang mendukung.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka dibawah ini adalah cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close.

1. Cobalah untuk melaksanakan restart atau reboot.

Cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close yang pertama yaitu lakukan restart atau rebootMaksudnya dari pernyataan tersebut yaitu matikan smartphone android anda kemudian nyalakan kembali, usahakan anda melaksanakan restart atau reboot minimal sehari sekali, kenapa sangat disarankan begitu? sebab smartphone berbeda dengan fiture phone, di smartphone android biasanya aplikasi yang habis anda gunakan kemudian sudah keluarkan sebenarnaya masa aktif dan membebani memory RAM.

 2. Lakukan Force stop, Clear data dan Clear cache secara menual.

cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close yang kedua yaitu lakukan Force stop, Clear data dan Clear cache secara menual buka setting. 
  • Buka buka setting
  • Kemudian pilih Manager applications
  • kemudian cari dan pilih aplikasi yang sering mengalami force close
  • kemudian klik Force stop kemudian klik Claer data nanti ada notifikasi atau peringatan tekan saja ok, terakhir geses ke bawah kemudian Clear cache.
3. Lakukan Update aplikasi yang sering force close.

4. Instal ulang aplikasi yang sering mengalami force close

Maksudnya yaitu anda hapus dulu aplikasi sering berhenti dengan sendirinya kemudian pasang lagi aplikasi tersebut.

5. Ambil data aplikasi atau game secara eksklusif dari aplikasi yang bersangkutan.

cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close berikutnya yaitu Ambil data aplikasi atau game secara eksklusif dari aplikasi yang bersangkutan.

Maksudnya yaitu sering kali anda kalau Ambil game mengambil secara manual kemudian memasukan data game misal data Obb secara manual pula, sering kali di situ datanya tidak sesuai dengan aplikasinya, jadi usahakan untuk mengisi datanya sahabat mengunduhnya secara online atau eksklusif dari aplikasi yang bersangkutan.

6. Pastikan koneksi internet lancar ( untuk aplikasi yang butuh koneksi internet).

Untuk melihat koneksi berjalan secara lancar atau tidak sahabat dapat gunakan aplikasi menyerupai "Network speed" ataupun "Networt monitor mini" sahabat dapat cari dan unduh di Google play.

7. Upgrade OS Android sahabat ke versi terbaru yang tersedia untuk smartphone android sobat.

Melakukan upgrade os ke versi yang lebih gres akan menciptakan lebih stabil dan juga menimalisir seringnya crash atau force close pada aplikasi.

Itulah beberapa cara mengatasi munculnya "sayangnya aplikasi telah berhenti" atau force close. Semoga bermanfaat dan selama mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel