8 Fitur Bawaan Android Yang Jarang Digunakan

Jika membicarakan wacana fitur dalam smartphone android mungkin seakan tak ada habisnya. Namun tahukah anda kalau ada 8 fitur bawaan Android yang jarang dipakai oleh pengguna. Seperti yang kita ketahui bahwa Android yang sekarang semakin canggih dilengkapi dengan banyak sekali macam fitur yang juga semakin canggih.

Fitur-fitur ini tentunya mempunyai fungsi yang baik untuk acara pada smartphone anda. Karena banyak sekali fitur tersebut memang dirancang khusus untuk  membantu anda dalam mengoperasikan perangkat Android anda menjadi lebih gampang dan sempurna guna. Biasanya Android juga menyertakan beberapa fitur bawaan yang pribadi terdapat dalam smartphone.

Akan tetapi, dibalik fungsi dan keuntungannya tersebut, rupanya tak sedikit pula fitur yang disematkan di dalam smartphone Android itu jarang bahkan tidak pernah digunakan. Seperti 8 fitur bawaan Android yang jarang dipakai yang ada di bawah ini. Untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya berikut ini.

1. Multi User

Dalam Android ada yang namanya fitur Multi User. Fitur atau mode ini mulai sanggup dipakai semenjak diperkenalkannya Android Lollipop. Dengan memakai fitur ini pengguna Android sanggup membuat mode khusus untuk pribadi dan untuk orang lain (guest mode). Dan nantinya semua aplikasi yang ada di mode pribadi tidak akan nampak di guest mode, begitu pula sebaliknya.

Sebenarnya fitur ini sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi pemilik smartphone untuk melindungi beberapa hal yang bersifat pivasi. Namun sayangnya fitur ini jarang dipakai oleh pengguna smartphone Android. 

2.  NFC

Salah satu dari 8 fitur bawaan Android yang jarang dipakai oleh pengguna adalah Near Field Communication (NFC). Fitur ini yaitu metode transfer data yang pada dasarnya membuat komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak tertentu. Cara ini biasa dipakai untuk metode pembayaran di kartu kredit atau debit, serta kartu saluran lainnya. Di smartphone NFC dipakai untuk transfer file dengan cepat, musik atau gambar. Hanya saja lantaran masih sedikit smartphone yang memakai NFC. Oleh lantaran itulah fitur ini menjadi jarang dipakai oleh para pengguna smartphone.

3. Enkripsi

Yang berikutnya yaitu Enkripsi. Nah fitur ini yaitu fitur yang mendukung keamanan pada smartphone Android. Walaupun fitur ini sangat bermanfaat untuk berjaga-jaga kalau smartphone dicuri, namun pada kenyataannya dikala enkripsi dilakukan ada beberapa kelemahan. Smartphone yang dienkripsi performanya menjadi berkurang atau sanggup dikatakan menjadi lemot. Hal ini terjadi lantaran setiap proses pembacaan datanya harus menembus lapis enkripsi. Enkripsi Android hanya satu arah, jadi tidak sanggup diubah jadi data normal lagi. Oleh adanya kelemahan itulah maka para pengguna smartphone Android menjadi jarang memakai fitur Enkripsi ini.

4. Live Wallpapaper

Live Wallpaper yaitu salah satu dari 8 fitur bawaan Android yang jarang dipakai oleh pengguna Android. Fitur ini telah didukung oleh ROM AOSP atau ROM custom vendor. Dengan memakai fitur live wallpaper, tampilan Android anda akan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan. Namun dibalik fungsinya yang menarik, ada sebuah kelemahan yaitu fitur ini akan cepat menguras baterai smartphone anda. Oleh lantaran itulah banyak orang yang malas memakai fitur ini.

5. Radio FM

Yang selanjutnya ada Radio FM. Pada eranya fitur ini sempat menjadi fitur andalan beberapa smartphone. Namun seiring dengan berjalannya waktu, fitur ini tampaknya sudah jarang dipakai oleh pengguna. Karena memang dikala ini di eranya internet, banyak orang yang lebih menentukan memakai layanan musik ibarat JOOX atau Spotify. Namun memang bagi penyuka siaran radio mungkin masih mengguankan fitur ini sebagai hiburan.

6. Smart Lock

Salah satu dari 8 fitur bawaan Android yang jarang dipakai oleh pengguna yaitu Smart Lock. Fitur ini berfungsi untuk menyesuaikan kapankah smartphone anda akan terkunci. Saat diaktifkan, anda sanggup otomatis menon-aktifkan kunci smartphone dikala di rumah, dikala akrab dengan smartwatch, atau dikala digenggam, bahkan hanya dengan mengucapkan "OK Google". Namun sayangnya dikala ini fitur smart lock justru jarang dipakai oleh pengguna android. Karena mereka lebih menentukan untuk meng-install aplikasi pengunci layar, ibarat Hi Locker atau DroidLock. Padahal kalau mau sedikit meluangkan waktu untuk mengaktifkan Smart Lock, anda akan jadi lebih gampang dan aman.

7. Face Unlock

Face Unlock yaitu fitur menarik yang mulai sanggup dinikmati oleh pengguna Android Kitkat. Akan tetapi di Android Lollipop, Face Unlock lebih dikenal sebagai Trusted Face, merangkap dengan Smart Lock. Dengan memakai fitur ini, maka smartphone anda akan dibuka hanya kalau mengenali wajah anda saja. Namun banyak yang tidak memakai fitur ini alasannya yaitu kelemahannya yaitu fitur ini tidak efisien dikala kondisi pencahayaan kurang memadai. Maka sering kali pengguna gagal menggunakannya dikala cahaya yang ditangkap dirasa kurang.

8. Print

Print merupakan salah satu dari 8 fitur bawaan Android yang jarang digunakan. Sama ibarat Smart Lock dan Multi user, Print juga merupakan fitur yang dibekalkan Google di Android Lollipop. Print memungkinkan anda untuk melihat dan mencetak dokumen pribadi dari smartphone ke printer dikala berada di jaringan WiFi yang sama. anda tidak perlu repot dikala akan pindah dari smartphone ke komputer ketika ingin cetak dokumen PDF.

Namun mengapa fitur ini jarang digunakan? Penyebabnya yaitu anda harus berada dalam jaringan yang sama dikala menggunakannya. Maka dari itu dikala ini orang lebih sering mengirimkan file lewat   e-mail saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel