Cara Menonaktifkan Auto Sync Pada Android

Banyak hal dapat kita pelajari dari perkembangan smartphone. Contohnya cara menonaktifkan auto sync pada android. Saat ini perkembangan teknologi memang sangat pesat, tak terkecuali dunia smartphone. Berbagai fitur terbaru selalu bermunculan sebagai pembaruan dalam ponsel bakir tersebut.

Sebagai informasi bahwa Auto sync yaitu sebuah fitur pada gadget yang berkhasiat untuk mensiknronisasi (men-sinkron-kan) gadget dengan server dari aneka macam akun yang digunakan. Fungsinya sendiri yaitu untuk menawarkan pemberitahuan atau update terbaru dari akun yang di-sinkron-kan tersebut. 

Sebelum melihat cara menonaktifkan auto sync pada android. Ini yaitu pola dari fitur auto sync, ketika anda mengaktifkan auto sync untuk aplikasi facebook. Hal itu berarti anda mengijinkan aplikasi facebook untuk menawarkan update dan pemberitahuan terbaru dari akun anda yang akan diterima pribadi melalui gadget yang anda gunakan. Update yang dimaksud yaitu ibarat pemberitahuan komentar baru, pesan baru, ajakan sobat gres dan lain sebagainya.

Hal yang demkian juga berlaku untuk semua akun yang terhubung pada smartphone anda. Nah fitur ini bersama-sama baik dan manis dengan tujuan semoga anda tidak perlu repot mengecek secara manual apakah ada pemberitahuan atau tidak. Namun resikonya yaitu data internet anda pastinya akan lebih cepat berkurang. Karena fitur ini memerlukan koneksi internet pada ponsel.

Akan tetapi jangan terlalu khawatir, alasannya yaitu fitur auto sync ini dapat diatur sedemikian rupa atau dengan kata lain dinonaktifkn. Makara anda dapat menonaktifkan sinkronisasi pada akun tertentu yang dirasa tidak perlu untuk di sinkronisasi. Nah berikut ini adalah cara menonaktifkan auto sync pada android.

1. Caranya yang pertama yaitu Masuklah ke sajian setting pada ponsel anda. Jika sudah silahkan pilih sajian Accounts & Sync (Akun & Sinkronisasi).

2. Setelah menentukan sajian tersebut, maka akan muncul sajian berupa beberapa akun yang terhubung ke android anda. Cara menonaktifkan auto sync pada android berikutnya yaitu pilihlah aplikasi yang akan dinonaktifkan sinkronisasinya dengan mengklik icon sinkron (lingkaran di sebelah kanan nama aplikasi) hingga tertulis Auto-sync is off (Sync otomatis dimatikan) di bawah judul aplikasi. Atau apabila anda ingin mematikan sinkronisasi pada semua akun, anda dapat pribadi mengklik tombol yang berada di sebelah kanan atas hingga tertulis “OFF”.


3. Cara menonaktifkan auto sync pada android yang ketiga yaitu dengan melakukan penonaktifan ataupun mengaktifkan kembali sinkronisasi pada gadget melalui quick panel (jika ada) yang berada di bab paling atas layar (tempat pemberitahuan). Namun bila anda melakukannya dengan cara ini, maka anda tidak dapat mengatur akun mana saja yang akan mengunakan auto sync dan mana yang tidak.

Nah itulah cara menonaktifkan auto sync pada android yang dapat kami sampaikan kali ini. Perlu diketahui bahwa selain menghemat kuota, dengan dinonaktifkannya auto sync, maka ponsel anda akan lebih hemat baterainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel