Macam Macam Arahan Error Pada Playstore Dan Cara Mengatasinya

Macam-macam isyarat error pada playstore dan cara mengatasinya banyak dicari oleh netizen sampai kini, Karena memang beberapa isyarat ini kerap kali muncul ketika anda mulai mengoperasikan playstore pada smartphone anda. Nah perlu anda ketahui, bahwa kode-kode error yang muncul bergotong-royong ada artinya.

Akan terasa sangat menjengkelkan apabila ketika akan mengunduh aplikasi di Playstore, muncul isyarat error tersebut. Apalagi bila aplikasi yang akan diunduh tersebut merupakan aplikasi yang cukup penting. Nah anda mungkin resah dengan banyak sekali isyarat yang muncul.

Maka dari itu, anda perlu mengetahui macam-macam isyarat error pada playstore dan cara mengatasinya. Berikut ini ialah ulasannya.

1. Google Play – Error 413

Pernah mengalami hal ini yaitu ketika mengunduh aplikasi atau update mengalami kegagalan. Kode ini biasanya muncul pada playstore lantaran memakai proxy pada koneksi internet. Nah cara mengatasinya ialah dengan masuk ke Settings>Apps, kemudian geser ke kiri sampai masuk ke pilihan ALL.

Selanjutnya ialah geser ke bawah dan temukan Google Play services, tekan Clear data dan Force stop. Lakukan juga hal yang sama pada Google Play Store dan bersihkan cache pada peramban (Browser) yang digunakan.

2. Google Play – Error 403

Macam-macam isyarat error pada playstore dan cara mengatasinya yang kedua ialah isyarat error 403. Kode ini muncul lantaran adanya dua akun Google berbeda yang biasa digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat smartphone. Untuk mengatasi isyarat ini ialah anda harus masuk ke Google Play Store memakai akun Google yang benar. Kemudian uninstal aplikasi yang bermasalah tadi. Jika sudah, coba untuk mengunduh ulang dan klik tombol pembelian (purchase).

3. Google Play – Error 492

Macam-macam isyarat error pada playstore dan cara mengatasinya yang berikutnya ada isyarat error 492. Jika isyarat ini muncul, maka akan menjadikan anda tidak sanggup mengunduh aplikasi akhir permasalahan Dalvik cache (ruang kosong sementara yang digunakan oleh Java Virtual Machine untuk menjalankan aplikasi).

Dan cara mengangani problem ini ialah jalankan Settings>Apps, kemudian geser ke kiri ke sajian ALL, dan selanjutnya geser ke bawah sampai menemukan Google Play Services. Jika sudah pilih Clear data dan Force stop. Lakukan hal yang sama pada Google Play Store. Apabila tidak berhasil, hapus Dalvik cache dengan cara masuk ke mode recovery (khusus smartphone yang sudah di-root). Terakhir pilih Advanced>Wipe dalvik cache, kemudian reboot.

4. Google Play – Error 491

Selanjutnya yang juga merupakan macam-macam isyarat error pada playstore dan cara mengatasinya adalah isyarat error 491. Kode ini akan muncul sebagai akhir dari tidak sanggup mengunduh serta melaksanakan update. Solusi dari problem ini ialah hapus terlebih dahulu akun Google yang telah dipasang di Android.


Jika sudah, lanjut masuk ke Settings>Accounts>Google. Klik akun yang ada, tekan tombol sajian dan pilih Remove Account. Selanjutnya Reboot Android dan tambahkan lagi akun Google yang tadi telah dihapus. Masuk ke Settings>Accounts>Add account. Setelah berhasil menciptakan akun, masuk ke Settings>Apps, geser ke kiri sampai masuk ke pilihan sajian ALL. Kemudian geser ke bawah dan temukan Google Play Services, tekan dan klik Clear data serta terakhir Force stop.

5. Google Play – Error 498

Macam-macam isyarat error pada playstore dan cara mengatasinya yang terakhir ialah isyarat error 498. Jika anda menemukan isyarat ini muncul di smartphone kesayangan anda, hal ini biasanya terjadi akhir dari gangguan ketika mengunduh dari Google Play. Hal ini sanggup terjadi disebabkan oleh media simpan yang penuh.

Untuk mengatasinya, coba hapus aplikasi ataupun file yang tidak diperlukan. Apabila masih dirasa kurang, masuk ke mode recovery. Caranya ialah restart Android dan masuk ke Recovery Mode (caranya cukupberagam sesuai dengan tipe smartphone serta versi Android yang digunakan). Untuk mode recovery, arahkan ke pilihan wipe cache partition, sehabis reboot kembali.

Demikianlah macam-macam isyarat error pada playstore dan cara mengatasinya. Setelah ini kita akan membahas isyarat error pada playstore yang lainnya. Samapai jumpa di ulasan berikutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel