Jenis-Jenis Layar Yang Sering Dipakai Untuk Smartphone

Ada banyak sekali jenis-jenis layar yang sering dipakai untuk smartphone. Karena memang ketika ini jenis layar pada smartphone semakin bermacam-macam seiring dengan kemajuan teknologi. Karena memang menyerupai yang kita ketahui bahwa semakin canggih sebuah smartphone, maka akan semakin canggih pula jenis layar yang melengkapinya.

Mungkin anda sudah mendengar mengenai beberapa jenis layar pada smartphone. Jenis-jenis layar yang mungkin sering anda dengar dan sering anda jumpai dalam setiap spesifikasi sebuah smartphone yaitu IPS LCD, AMOLED dan juga TFT. Namun tahukah anda mengenai perbedaan serta keunggulan dan kelebihan dari ketiga jenis layar tersebut?.

Dibawah ini yaitu ulasan mengenai jenis-jenis layar yang sering dipakai untuk smartphone. Berikut penjelasannya.

1. Layar AMOLED

Jenis-jenis layar yang sering dipakai untuk smartphone yang pertama yaitu jenis layar AMOLED. Jenis layar ini mungkin sudah familiar di indera pendengaran anda. Karena tak jarang smartphone yang mengusung layar ini di perankatnya. Nah kini apakah yang dimaksud dengan layar AMOLED.

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yaitu jenis layar yang memakai teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). Sedang OLED sendiri merupakan sebuah benda padat yang mempunyai film yang sangat tipis yang mengandung molekul organik dan bisa menghasilkan cahaya apabila menerima pemikiran listrik.

Teknologi OLED sendiri mempunyai ketajaman layar yang tergolong tinggi namun mempunyai daya yang tergolong rendah. Dengan AMOLED merupakan wujud transformasi dari OLED biasa yang mempu merubah setiap pixel secara pribadi dan sangat efisien. Nah dibawah ini yaitu beberapa kelebihan dan kekurangan layar AMOLED yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Layar AMOLED
  • Memiliki kecerahan yang sangat tinggi.
  • Masih tetap terlihat jernih, meski dipakai ketika berada dibawah sinar matahari langsung.
  • Mampu menghemat daya sampai 40%.
  • Teknologi AMOLED mempunyai pengaturan warna RGB, sehingga hasil video serta foto tampak begitu stabil.
Kelemahan Layar AMOLED
  • Perangkat yang memakai jenis layar AMOLED niscaya mempunyai harga yang tergolong tinggi. Karena AMOLED merupakan jenis layar gres yang juga memakai teknologi baru.
Nah bila melihat banyak sekali keunggulannya tersebut, tak heran bila para produsen smartphone berlomba mengusung layar ini untuk dipakai pada teknologi terbaru mereka. Dan menyerupai yang sudah dikatakan tadi, jangan heran bila smartphone yang memakai layar ini dibanderol dengan harga yang tinggi.


2. Layar IPS LCD

Jenis-jenis layar yang sering dipakai untuk smartphone yang kedua adalah jenis layar IPS LCD. Jenis layar ini sering kali anda jumpai dalam banyak sekali smartphone kelas menengah atas. Mengenai layar IPS LCD ini sendiri, IPS (In Plane Swtiching) merupakan suatu panel teknologi LCD yang bisa menampilkan banyak perbedaan ketika dipandang mata secara normal.

Keunggulan layar dengan teknologi IPS ini sendiri mengatakan hasil gambar yang sangat cantik dan cocok untuk fotografi. Sedangkan untuk kelemahan dari layar yang memakai teknologi IPS LCD ini yaitu konsumsi daya yang tergolong besar dan juga kecerahannya tidak bisa tampil sempurna. Maka tak heran bila layar ini banyak dipakai untuk smartphone kelas menengah keatas.

3. Layar TFT

Jenis-jenis layar yang sering dipakai untuk smartphone yang terakhir yaitu layar TFT. Apa itu layar TFT?. TFT merupakan kepanjangan dari Thin Film Transistor yang merupakan jenis layar yang memakai teknologi LCD. Smartphone yang memakai layar ini bisa mengatakan resolusi yang cukup baik dan lmampu menampilkan gambar yang mengusung berjuta warna pada smartphone. Layar dengan jenis TFT ini tergolong mahal dan juga bisa menyedot daya yang sangat besar.

Dengan demikian terperinci sudah bila layar ini mempunyai kelabihan sanggup menampilkan layar yang tergolong tajam dan juga jenih serta mempu mendapatkan respon sentuhan yang sangat cepat. Sedang untuk kekurangannya yaitu smartphone anda akan boros baterai.

Itulah beberapa Jenis-jenis layar yang sering dipakai untuk smartphone. Bagaimana sudah paham kan sekarang? Semoga bermanfaat ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel