Cara Memaksimalkan Kinerja Kamera Ponsel

Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel tentu banyak dicari oleh para pengguna ponsel berfitur kamera. Wajar saja kalau mengingat bahwa zaman kini memang insan seakan tak sanggup dipisahkan dengan yang namanya kamera. Apalagi cara penggunaanya dan kepraktisannya ketika ini sudah benar-benar mengikuti perkembangan zaman.

Jika dulu orang-orang harus membawa kamera untuk mengabadikan banyak sekali momen, namun kini cukup dengan membawa alat komunikasi berupa handphone saja. Tak hanya itu, kini banyak smartphone yang mempunyai fitur kamera yang benar-benar canggih.

Bukan lagi sebagai sebuah barang langka yang sulit didapat, kini smartphone seakan menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Era yang semakin maju ini juga seolah memicu kebiasaan insan yang kini gemar berselfie dan mengambil gambar gambar dengan kamera tersebut. Namun masalahnya yaitu kadang hasil fotonya yang diambil kurang maksimal padahal kamera tersebut termasuk kamera beresolusi tinggi.

Nah berikut ini adalah Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel.

1. Gunakan fitur Panorama Sequence 

Panodash

Di setiap smartphone canggih ketika ini niscaya mempunyai fitur panorama. Jika memang belum ada, anda sanggup menginstallnya aplikasi kamera berfitur panorama secara manual. Dengan memakai fitur ini, anda sanggup mengambil gambar yang lebih indah dan dramatis. Caranya yaitu ganti sajian kamera jadi panorama mode. Lalu mulai panning dengan model yang udah siap difoto. Model kemudian berpindah kawasan ke arah yang berlawanan dari arah panning dan berganti gaya.

Pano Drive–By

Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel berikutnya yaitu dengan memakai Pano Drive-By. Anda sanggup nih memotret dengan panorama di dalam mobil. Perbedannya dengan Panodash yaitu cara memotretnya, yaitu dengan memutar smartphone, dengan posisi kamera depan ada di bawah dan dengan kondisi kendaraan berjalan. Hasil fotonya akan terlihat sangat menarik sebab sanggup dilakukan sambil berjalan. Namun detil foto jadi tidak maksimal sebab objek ditangkap bergerak. 

2. Bikin Bumi Kecil Pakai Photo Sphere

Pernah melihat hasil foto yang bentuk fotonya lingkaran menyerupai Bumi kecil? Foto tersebut diambil dengan memakai fitur yang ada di Google Camera, yaitu Photo Sphere. Mirip dengan panorama, tapi bedanya kita mesti menyatukan foto dengan rapi dan urut ke titik-titik yang muncul di layar kamera hingga bentuknya menjadi lingkaran atau Bumi 3 dimensi dari dalam. Setelah jadi, kita sanggup mengubahnya jadi bumi kecil yang datar dengan mengubahnya jadi flat.



3. Jadikan Headset sebagai Shutter

Saat memakai proteksi tongsis atau stand phone, anda niscaya selalu memakai timer bukan?. Hal itu tentu saja akan merepotkan kalau pengampilan foto dilakukan berulang kali. Nah ternyata, earphone atau headset yang anda miliki yaitu salah satu Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel. Mengapa begitu? Karena sebenarnya anda  bisa menyebabkan earphone sebagai shutter–nya. 

Caranya yaitu Buka setting aplikasi kamera bawaan, Ubah pilihan Use Volume Key as menjadi shutter, Pasang earphone, arahkan kamera ke objek foto, kemudian tekan tombol di earphone.

4. Manfaatkan Gelas untuk Foto di Dalam Air

Gunakan gelas bening untuk  memotret di dalam air. Dan yang perlu diingat kalau ingin  menggunakan Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel yang satu ini yaitu pastikan bagian depan gelasnya higienis dari cipratan air atau debu. Hal ini bertujuan untuk menjaga titik fokus. Karena kalau ada cuilan yang kotor, maka fokusnya niscaya akan ke cuilan kotor itu tersebut.

5. Foto Makro dengan Tetesan Air

Untuk menghasilkan foto yang lebih unik, cobalah cara Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel yang ini. Ide ini memang tergolong sederhana, namun sangat menarik. Karena hasil fotonya menjadi foto makro. Kaprikornus anda sanggup memotret objek kecil menyerupai semut atau laba-laba secara detail dengan teknik ini. Namun yang perlu diingat yaitu airnya harus setetes. Pastikan tidak lebih dari setetes, tujuannya yaitu supaya air tersebut tidak jatuh atau tumpah sebab akan menghipnotis hasil fotonya nanti.

5. Gunakan Fitur HDR atau HDR+

Untuk smartphone canggih terutama Android dengan kamera 13 MP hingga 20 MP ke atas jangan sepelein fitur HDR (High Dynamic Range) atau HDR+ yang ada di aplikasi kamera bawaan. Karena fitur ini yaitu fitur yang sanggup dipakai sebagai Cara memaksimalkan kinerja kamera ponsel.

Fungsinya sendiri yaitu untuk mempertajam dan menampilkan detail yang seringkali miss ketika memotret dengan fungsi menyerupai biasa. Fitur ini menciptakan kontras hasil gambar maksimal. Dan fungsi utamanya yaitu untuk meminimalisasi cahaya foto sebenarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel